Social Networking: Is It Good or Bad?

Hand_Drawn_Social_Media_Shapes_by_WebTreatsETCSocial networking atau yang lebih kita kenal dengan jejaring sosial adalah suatu wadah baru bagi manusia untuk berkomunikasi. Begitu banyak social networking yang ada sekarang ini seperti facebook, twitter, google+, myspace, interpals, instagram, youtube. Dalam perkembangannya, social networking ada yang fokus ke bidang tertentu seperti instagram untuk foto dan youtube untuk video.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari social networking, seperti berkomunikasi dengan yang jauh dan mendapat kenalan baru. Namun ada juga hal buruknya, seringkali kita sebagai pengguna melupakan orang yang dekat karena terlalu sibuk dengan social networking. Social networking selalu memiliki pro kontra. Salah satunya akibat yang sering kali merugikan bahkan di dunia nyata.

Salah satu contohnya adalah kasus kematian yang diakibatkan oleh social networking. Adapun yang menjadi korban adalah seorang abg, dimana dalam umur segitu masih sedang labil-labilnya. Seorang pengguna sering kali merasa bebas melakukan apapun di social networking karena tidak ada yang melihat. Namun mereka tidak menyadari dampak yang dihasilkan bisa sangat merugikan.

Itu salah satu contoh buruknya. Ada pula contoh baiknya. Banyak wirausaha baru yang bermunculan akibat social networking. Social networking selain untu komunikasi, bisa juga dijadikan sebagai ladang bisnis dan banyak orang yang merasakan dampaknya. Selain untuk bisnis secara langsung, banyak perusahaan juga menggunakan social networking untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggannya.

Social networking bagai sebuah pisau. Pisau bisa digunakan untuk tujuan baik seperti memotong buah, namun bisa juga digunakan untuk hal buruk seperti menyakiti orang. Jadi tergantung kita sebagai pengguna memanfaatkan social networking apakah untuk keperluan baik ataukan untuk keperluan buruk. Terlepas dari itu semua, social networking telah masuk kedalam kehidupan kita dan sedikit banyak mempengaruhi sistem sosial kita semua. Jadi, social networking merupakan tanggung jawab kita bersama agar terus memberikan efek baik dibanding efek buruk.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: