Perubahan itu…

Perubahan selalu ada dan selalu datang. Apakah perubahan itu baik? Atau malah buruk?

Banyak orang takut perubahan, termasuk saya. Tapi sebenarnya perubahan yang ditakuti adalah yang berdampak kepada diri kita, baik langsung maupun tidak langsung. Misal saja perubahan kebijakan pemerintah, sikap seseorang kepada kita, suatu rencana yang matang, tujuan hidup, dll.

Sebenarnya setiap saat kita mengalami perubahan oleh faktor waktu. Ya, kita semakin tua dan juga (seharusnya) semakin dewasa. Apakah semakin tua itu buruk? Apakah semakin dewasa itu baik. Jadi, apakah perubahan itu buruk? Atau malah baik? Mungkin jawabannya tergantung dari sudut pandang yang kita lihat.

Dulu, orang berkomunikasi dengan teman/saudara jauh menggunakan surat pos. Sekarang semua berubah. Orang-orang mulai menggunakan surat elektronik (email) untuk berkomunikasi. Sejak adanya email, bisnis surat pos kian meredup. Namun, berkomunikasi dengan orang yang jauh menjadi lebih mudah. Jadi, apakah perubahan merugikan ataukah menguntungkan? Tergantung dari sudut mana kita melihat.

Satu hal yang dapat saya pelajari, perubahan itu selalu ada. Suka tidak suka, siap tidak siap, sadar tidak sadar, perubahan pasti datang. Perubahan memang terkadang merupakan hal yang menakutkan. Tapi kalau kita berpikir jernih, perubahan hanyalah tantangan yang harus dilalui/diselesaikan.

Saya masih ingat jaman dulu bisnis wartel menjamur dimana-mana. Tapi sekarang satu persatu sudah gulung tikar. Sebenarnya pebisnis wartel tidak harus gulung tikar, hanya saja mengganti bisnisnya. Misalnya dulu menjadi pebisnis wartel, sekarang menjadi pebisnis warung isi pulsa.

Terkadang kita takut akan perubahan hanya karena malas untuk memulai dari awal, dari sesuatu yang baru, yang belum kita kenal. Terkadang kita terlalu malu untuk ‘banting stir’ bisnis kita menjadi bisnis lain. Terkadang kita takut melangkah keluar dari bidang yang kita kuasai. Jangan takut dan jangan malu untuk berubah selama itu baik dan diperlukan, takut lah dan malu lah jika kita merugi.
Good night.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: