Mengenal Jenis-jenis Creative Commons

Mengenal Jenis-jenis Creative Commons

Iseng-iseng saya daftar flickr yang dikasih penyimpanan gratis sebesar 1 terabyte. Coba upload foto, eh ada pilihan tentang license. Oke disini saya akan menjelaskan secara singkat dalam bahasa Indonesia tentang lisensi Creative Commons.

Creative Commons ini sederhanya melisensikan karya kita. Ingat ya, karya kita sendiri. Jadi kalo kita melisensikan bukan karya kita, itu salah. Ada beberapa jenis lisensi sebagai berikut:

Attribution

CC BY

Jenis lisensi ini membolehkan orang lain menyebarkan, merubah, dan membuat karyanya sendiri dari karya kita, asalkan menyantumkan nama kita.

Attribution-ShareAlike

CC BY-SA

Jenis lisensi ini membolehkan orang lain untuk merubah, dan membuat karyanya sendiri dari karya kita, bahkan untuk komersil, selama menyantumkan nama kita dan lisensi karya baru tersebut sama dengan lisensi karya kita.

Attribution-NoDerivs

CC BY-ND

Jenis lisensi ini mengizinkan orang lain untuk mendistribusikan, untuk komersil maupun tidak, karya kita dengan menyantumkan nama kita selama karya tersebut tidak diubah.

Attribution-NonCommercial

CC BY-NC

Jenis lisensi ini mengizinkan orang lain untuk merubah, dan membuat karyanya sendiri dari karya kita, bukan untuk komersil, selama menyantumkan nama kita

Attribution-NonCommercial-ShareAlike

CC BY-NC-SA

Jenis lisensi ini membolehkan orang lain menyebarkan, merubah, dan membuat karyanya sendiri dari karya kita bukan untuk komersil. Dan karya baru orang tersebut harus dilisensikan dengan lisensi yang sama atau mirip dengan lisensi karya kita.

Attribution-NonCommercial-NoDerivs

CC BY-NC-ND

Jenis lisensi ini hanya membolehkan orang lain untuk mendownload dan menyebarkan karya kita dengan menyantumkan nama kita.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: